Langsung ke konten utama

Selamat HUT GMIM Bersinode ke-89

Hari ini 30 September 2023 warga GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa) bersukacita merayakan HUT GMIM bersinode ke-89 tahun. Perayaan HUT GMIM bersinode ke-89 tahun hari ini dilaksanakan di Lapangan Maesa Tondano, yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Tema HUT GMIM bersinode ke-89 tahun adalah "Bangkit dan Bersinarlah", yang diambil dari ayat Alkitab Yesaya 60:1 “Bangkitlah, bersinarlah, sebab terangmu telah datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.” 

Apa itu Sinode GMIM?

Sebuah sinode adalah sebuah pertemuan resmi atau sidang majelis para pemimpin dan perwakilan dari suatu gereja untuk membahas dan memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan doktrin, disiplin, liturgi, organisasi, atau misi gereja tersebut. Sinode berasal dari kata Yunani σύνοδος (sinodos) yang berarti “berjalan bersama-sama” atau “berkumpul bersama-sama”. Sinode dapat diadakan pada tingkat lokal, regional, nasional, atau internasional, tergantung pada struktur dan tradisi gereja masing-masing

Beberapa contoh sinode dalam sejarah gereja Kristen adalah:

  • Sinode Nicea I (325 M), yang menetapkan doktrin tentang Tritunggal Mahakudus dan menolak ajaran Arianisme.
  • Sinode Trente (1545-1563), yang merupakan respons Gereja Katolik terhadap Reformasi Protestan dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dogmatis dan reformasi-reformasi disipliner.
  • Sinode Dort (1618-1619), yang merupakan pertemuan para pemimpin gereja Calvinis untuk membela ajaran mereka melawan Arminianisme dan menyusun Lima Poin Calvinisme.
  • Sinode Vatikan II (1962-1965), yang merupakan konsili ekumenis terakhir Gereja Katolik dan menghasilkan dokumen-dokumen penting tentang Gereja, wahyu, liturgi, ekumenisme, kebebasan beragama, dan hubungan dengan dunia modern.

Nah,... setelah kita tahu apa itu Sinode, sekarang apa itu Sinode GMIM? Sinode GMIM adalah badan tertinggi yang mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan dan pelayanan GMIM. Sinode GMIM terdiri dari dua lembaga, yaitu Majelis Sinode dan Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS). Majelis Sinode adalah sidang umum yang diadakan setiap lima tahun sekali, yang dihadiri oleh perwakilan dari semua jemaat, wilayah, dan lembaga GMIM. Majelis Sinode bertugas untuk menetapkan visi, misi, tujuan, program, anggaran, dan kebijakan GMIM. 

Sedangkan BPMS adalah badan eksekutif yang dipilih oleh Majelis Sinode untuk melaksanakan keputusan-keputusan Majelis Sinode. BPMS terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa anggota yang mewakili bidang-bidang pelayanan GMIM. BPMS bertanggung jawab kepada Majelis Sinode dan melaporkan hasil kerjanya secara berkala.

Sinode GMIM juga berperan sebagai penghubung antara GMIM dengan gereja-gereja lain di Indonesia dan di dunia. Sinode GMIM menjadi anggota dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Kristen Asia (CCA), Persekutuan Gereja-Gereja Reformed Sedunia (WCRC), dan Dewan Gereja-Gereja Sedunia (WCC). Sinode GMIM juga menjalin kerjasama dengan gereja-gereja mitra di luar negeri, seperti Gereja Protestan di Belanda (PKN), Gereja Reformasi di Amerika (RCA), Gereja Presbiterian di Taiwan (PCT), dan Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud (GMIST)

Sinode GMIM saat ini dipimpin oleh Pdt. Dr. Hein Arina sebagai Ketua, Pdt. Dr. Evert Tangel, M.Pd.K sebagai Sekretaris, dan Dkn. Windy Lucas, A.Ma sebagai Bendahara. Mereka terpilih dalam Sidang Majelis Sinode GMIM ke-38 yang berlangsung pada tanggal 25-30 September 2022 di Tomohon. 

Jadi, GMIM adalah sebuah denominasi gereja Kristen Protestan di Indonesia yang beraliran Calvinis dengan sistem pemerintahan Presbiterial Sinodal. GMIM didirikan pada tahun 1934 di Minahasa, Sulawesi Utara, setelah memisahkan diri dari gereja induknya, Indische Kerk, yang sekarang menjadi Gereja Protestan di Indonesia (GPI). GMIM memiliki sekitar 830.660 anggota dan 1.063 gereja di 148 wilayah. GMIM juga memiliki beberapa lembaga sosial seperti rumah sakit, sekolah, dan perguruan tinggi.

Epilog

Semoga momentum HUT GMIM Bersinode ke-89 tahun ini, menjadikan GMIM lebih baik lagi, lebih menjadi berkat bagi gereja, daerah, dan juga negara. Gereja harus berpusat kepada Kristus sebagai kepala gereja, sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia dan Alkitab sebagai firman Tuhan yang menuntun setiap keputusan gerejawi. 

Kami sebagai warga GMIM berharap, Sinode GMIM dapat mengemban amanat agung yang telah Tuhan Yesus Kristus sampaikan dalam kitab Matius 28 ayat 19 sampai 20. Akhirnya, ecclesia reformata, semper reformanda est secundum verbum Dei. "Bangkitlah, bersinarlah, sebab terangmu telah datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.” - Yesaya 60:1. Soli Deo Gloria. (calvin franklin ofc)

*informasi dikutp dari berbagai sumber:
gmim.or.id
id.wikipedia.org
beritasulut.co.id
hidupkatolik.com
dodokugmim.com
manado.tribunnews.com
zhuanlan.zhihu.com
yutu.be
foto: multimediagmim

Komentar